Sabtu, 26 Januari 2013

Opera Ice, Peramban Baru Untuk iOS dan Android



altOpera mengumumkan proyek terbarunya berupa peramban dengan nama Opera Ice. Peramban ini dikembangkan untuk perangkat tablet dan smartphone yang menggunakan sistem operasi iOS dan Android.
"Opera Ice merupakan peramban yang difokuskan bagi perangkat layar sentuh dan tablet. Kebanyakan peramban lain menggunakan versi desktop dan memaksakan agar bisa berjalan pada tablet, atau menggunakan peramban versi mobile tetapi membesarkan tampilannya agar bisa memenuhi layar tablet yang besar," kata Lars Boilesen, CEO Opera.
Opera ingin menghadirkan peramban yang benar-benar baru dimana ingin menampilkan layar yang lega dengan jumlah tombol yang diminimalisir. Sehingga memungkinkan pengguna melakukan navigasi web menggunakan gerakan dan bukannya tombol forward dan backward.
Fungsi tab akan digantikan oleh ikon dan tampilan halaman baru akan bisa diakses dengan mengetikkan URL atau menggunakan fungsi pencarian. Untuk mengaktifkan bookmark, pengguna bisa dengan mudah menekan bagian layar dan menggeser ikon ke layar awal.
"Kami merasa perlu melangkah ke tahap berikutnya agar terus berkembang dan tumbuh. Kami juga perlu fokus untuk menghadirkan produk yang tangguh bagi sistem iOS dan Android. Dua sistem ini akan menjadi fokus utama kami dikarenakan keduanya merupakan sistem mobile yang paling banyak digunakan saat ini," tambah Lars.
Lalu bagaimana dengan Opera Mini yang telah hadir lebih dahulu? Lars Boilesen menjelaskan bahwa Opera Mini bakal tetap hadir dan Opera Ice bukan untuk menggantikan posisinya,tetapi sebagai pilihan untuk pengguna smartphone.
Opera Ice secara resmi akan diluncurkan pada Februari mendatang. Kedepannya, Opera Ice juga akan dihadirkan bagi platform desktop yang diperkirakan akan luncur pada bulan Maret tahun ini.

Sumber : http://www.infokomputer.com

0 komentar:

Poskan Komentar