Sabtu, 26 Januari 2013

Voice Recognition Akan Gantikan Teknologi Sentuh

alt
Saat ini teknologi sentuh yang banyak diadopsi pada perangkat mobile sedang mengalami masa keemasaannya. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi, hal ini diperkirakan akan segera tergantikan dengan teknologi lain yang lebih baru dan lebih canggih.
Mooly Eden, Intel Senior Vice President, mengatakan bahwa nantinya teknologi pengenalan suara (voice recognition) akan menggantikan teknologi layar sentuh.
Teknologi pengenalan suara akan melakukan apa yang diperintahkan dengan lebih cepat dan praktis. Contohnya dengan mengaktifkan fungsi keyboard tanpa perlu menyentuhnya. Hal ini akan membuat beberapa perangkat lawas seperti mouse dan keyboard menjadi tidak diperlukan lagi keberadaannya.
Eden mengatakan hal tersebut dalam rangka menjelaskan pada media bahwa Intel saat ini sedang bekerja dalam mengembangkan perangkat berbasis teknologi pengenalan suara. Dan Eden yakin bahwa perangkat ini akan mengambil alih teknologi sentuh yang sekarang sedang booming, sekitar tiga atau lima tahun lagi.
"Suara adalah sarana komunikasi terbaik antara manusia. Kami akhirnya memiliki kekuatan yang cukup untuk melakukan seperti apa yang terdapat pada film cerita fiksi ilmiah," kata Eden.
Pada gelaran CES awal Januari lalu, Intel sendiri telah melakukan beberapa demonstrasi menggunakan perangkat yang mampu bekerja dengan melacak pergerakan mata dan juga pergerakan tangan dalam mengambil obyek virtual.
Dengan perangkat berteknologi pengenalan suara, Eden mengharapkan bahwa bekerja dengan komputer akan lebih menyenangkan dan bisa berinteraksi layaknya manusia.
"Saya menginginkan Anda bekerja dengan komputer seperti layaknya Anda bekerja dengan saya. Dan saya ingin pengguna mengatakan bahwa saya mencintai komputer saya," tambah Eden.
 
 
Sumber : http://www.infokomputer.com

0 komentar:

Poskan Komentar